9.636 Nelayan Kotabaru Miliki KN

20161012kartu_nelayan

20161012kartu_nelayan

“Jumlah nelayan kita diprediksi sekitar 13.000 orang lebih, tetapi yang sudah mendapatkan KN hingga 11 Oktober 2016 sebanyak 9.636 orang”

Kotabaru (Antaranews Kalsel) – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan , menyerahkan 9.636 lembar Kartu Nelayan (KN) kepada nelayan setempat.

“Jumlah nelayan kita diprediksi sekitar 13.000 orang lebih, tetapi yang sudah mendapatkan KN hingga 11 Oktober 2016 sebanyak 9.636 orang,” kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru Fahrudin Rif`ani, di Kotabaru, Selasa.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru menargetkan, semua nelayan di Kotabaru memiliki KN, karena manfaat dari kartu tersebut cukup besar, di antaranya, identitas pribadi, dan dapat dipergunakan untuk bukti bisa mendapatkan bantuan atau yang lainnya.

Agar nelayan bisa mendapatkan kartu nelayan, maka diperlukan kerja sama petugas Dinas Kelautan dan Perikanan serta nelayan sendiri.

Pemegang kartu nelayan, bisa dipergunakan untuk bantuan dari pemerintah bisa berupa alat tangkap, mesin perahu, kapal tangkap, BBM dengan harga murah atau bantuan yang lainnya.

Bagi nelayan yang belum memiliki kartu nelayan, mereka tidak bisa memperoleh bantuan dari pemerintah, karena salah satu syarat untuk bisa mendapatkan bantuan adalah harus memiliki kartu nelayan dan terdapatar dalam kelompok yang memiliki badan hukum atau legalitas.

Ia berharap, setelah memperoleh kartu nelayan dirinya terdaftar dalam kelompok tani dan akhirnya bisa mendapatkan bantuan alat tangkap, atau yang lainnya karena alat tangkap miliknya sudah mulai rusak.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2016